Cara Bermain Poker, Sejarah dan Panduannya

Bermain kartu memang identik dengan permainan uang alias judi. Padahal, permainan kartu juga dapat menjadi permainan seru yang dapat mengisi waktu luang bersama teman-teman Kamu. Banyak jenis permainan kartu yang dapat dimainkan bersama keluarga atau teman.

Salah satu permainan kartu yang populer dimainkan di seluruh dunia adalah permainan dengan menggunakan kartu remi. Bahkan, kartu ini juga yang sering digunakan oleh para pesulap untuk unjuk kebolehannya diatas panggung.

Di Indonesia sendiri banyak jenis permainan yang dimainkan dengan menggunakan kartu remi ini. Misalnya saja permainan “41”, “remi”, “cangkulan”, dan yang lainnya.

Adapun permainan kartu yang populer di berbagai negara di belahan bumi misalnya “Poker”, “blackjack”, “solitaire”, “bridge”, dan masih banyak lagi permainan yang dapat dimainkan dengan menggunakan kartu remi.

Hal-hal yang akan Kita bahas kali ini Kita mulai dari sejarah permainan Poker, aturan pada permainan Poker, dan cara bermain Poker serta tips dan strategi untuk memenangkan permainan Poker.

Mari Kita bahas satu per satu.


Sejarah Permainan Poker

Tidak bisa Kita pungkiri bahwa permainan Poker sangat identik dengan permainan judi. Padahal, Poker juga dapat menjadi permainan yang menghibur. Pada permainan ini, Kamu dituntut untuk memiliki kemampuan strategi dan keterampilan yang baik.

Permainan Poker ini mulai dikembangkan pada awal abad ke-19 di Amerika Serikat. Namun, perkembangan terbesar permainan Poker ini terjadi pada abad ke-20. Hal ini karena permainan ini pada awalnya menjadi sebuah hiburan terbatas bagi kelompok-kelompok tertentu.

Namun, pada abad ke-20 permainan ini berkembang sehingga dapat dimainkan oleh semua kalangan. Bahkan, kini tersedia permainan Poker secara online.

Cara Bermain Poker

Setelah mengetahui bebarapa pengetahuan umum mengenai permainan Poker, mari Kita lanjutkan pada pembahasan utama Kita, yakni cara bermain Poker yang baik dan benar khususnya bagi pemula.

Dalam permainan Poker, penentuan kemenangan ditentukan oleh nilai dari kartu yang Kita punya. Seberapa besar nilai dari kombinasi kartu tersebut.

Dilansir dari idnpoker, dalam permainan Poker terdapat 2 jenis permainan, yakni 5 Card Draw dan Texas Hold’em. Namun, keduanya memiliki kesamaan untuk menjadi pemenang, yakni memiliki nilai kombinasi kartu terbaik diantara yang lainnya.

Kombinasi Kartu Pada Permainan Poker

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa kemenangan ditentukan oleh nilai dari kombinasi kartu yang Kita pegang. Nilai tersebut sudah memiliki standar yang sama secara Internasional.

Berikut urutan peringkat kombinasi kartu dalam permainan Poker, dimulai dari tertinggi hingga terendah

  1. Royal Flush
  2. Straight Flush
  3. Four of a Kind
  4. Full House
  5. Flush
  6. Straight
  7. Three of a Kind
  8. Two Pair
  9. One Pair
  10. High Card

Mari Kita bahas masing-masing kombinasi tersebut satu per satu mulai dari nilai yang paling rendah ke yang paling tinggi.

High Card

High Card merupakan nilai dari kartu Poker itu sendiri. Hal ini dapat terjadi ketika kartu yang Kamu miliki tidak memiliki kombinasi yang sesuai. Urutan nilai masing masing kartu dari yang terkecil ke yang tertinggi mulai dari kartu angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K, As.

Untuk kartu As, nilainya dapat berubah menjadi angka tertinggi ataupun angka terkecil yakni 1. Namun, angka terkecil tersebut dapat digunakan ketika dikombinasikan dengan kartu lainnya.

Adapun untuk jenis kartu, berikut urutan nilai jenis mulai dari terkecil hingga terbesar.

  • Diamond / Wajik (Merah)
  • Clumber / Keriting (Hitam)
  • Love / Hati (Merah)
  • Royal / Sekop (Hitam)

One Pair

One Pair terjadi apabila Kamu memiliki 2 buah kartu yang memiliki angka atau nilai yang sama. Misalnya Kamu memiliki kartu 3-3-8-2-5 atau J-J-3-7-6 ataupun kombinasi lain yang serupa.

Two Pair

Tidak berbeda jauh dengan One Pair, hanya saja Two Pair terjadi ketika Kamu memiliki 2 pasang kartu dengan masing-masing angka atau nilai yang sama. Misalnya Kamu memiliki 2-2-7-7-J atau K-K-2-2-5 ataupun kombinasi lain yang serupa.

Three Of A Kind

Three of a Kind terjadi apabila Kamu memiliki 3 buah kartu dengan angka atau nilai yang sama. Misalnya Kamu memiliki kartu 4-4-4-J-As atau 10-10-10-Q-As ataupun kombinasi lain yang serupa.

Straight

Straight terjadi ketika Kamu memiliki kombinasi 5 kartu yang berurutan. Misalnya Kamu memiliki kartu As-2-3-4-5 atau 9-10-J-Q-K ataupun kombinasi lain yang serupa.

Flush

Flush terjadi ketika Kartu yang Kamu miliki merupakan kombinasi dari jenis kartu yang sama, meskipun angka yang yang Kamu punya acak. Misalnya, Kamu memiliki 5 kartu dengan jenis yang sama, yakni berjenis Hati dengan angka 3-10-6-2-8. Intinya, jenis kartu yang Kamu miliki sama.

Full House

Full House merupakan kombinasi dari 3 kartu yang sama dan 2 kartu yang sama dalam angka atau nilainya. Dapat dibilang Full House ini merupakan kombinasi dari “Three of a Kind” dan “One Pair“.

Four Of A Kind

Four of a Kind terjadi ketika Kamu memiliki 4 buah kartu yang memiliki angka atau nilai yang sama. Misalnya Kamu memiliki kartu J-J-J-J-5 atau 2-2-2-2-K ataupun kartu lain yang memiliki kombinasi yang serupa.

Straight Flush

Straight Flush terjadi ketika Kamu memiliki kombinasi dari kartu yang memiliki jenis yang sama dan kartu tersebut tersusun secara berurutan. Namun, angka yang didapat tidak perlu tinggi asalkan berurutan.

Contohnya, Kamu mendapatkan kartu Wajik dengan kombinasi angka 6-7-8-9-10 atau kombinasi yang serupa.

Royal Flush

Royal Flush menjadi senjata terkuat yang bisa Kamu dapatkan dalam permainan Poker ini. Namun, mendapatkannya tentu tidak mudah.

Royal Flush merupakan kombinasi dari kartu yang memiliki jenis yang sama, mempunyai angka kartu paling tinggi, dan kartu tersebut terjadi secara berurutan. Dapat dibilang Royal Flush merupakan nilai tertinggi dari Straight Flush.

Contohnya, Kamu mendapatkan kartu Wajik dengan kombinasi angka 10-J-Q-K-As. Kombinasi tersebut sudah dapat dipastikan membuat Kamu memenangkan permainan, kecuali orang lain memiliki kombinasi yang sama dimana kemungkinan terjadi itu kecil.

Untuk lebih jelasnya, dapat Kamu lihat dari gambar berikut.

 


Apabila pemain lain memiliki kombinasi yang sama dengan Kita, misalnya saja Kita memiliki kartu One Pair 5-5-10-Q-As dan pemain lain memiliki One Pair 9-9-3-7-10. Apabila begitu, yang memenangkan permainan adalah pemain yang memiliki kombinasi yang nilainya lebih tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya mengenai urutan angka pada High Card, maka yang menang adalah pemain yang memiliki One Pair 9-9-3-7-10.